It’s (NOT) About the Goody Bag



Siapa sih yang gak suka dapet goody bag? Saya pribadi, suka bangetsss. Jadi ya, goody bag itu adalah tas yang berisi merchandise atau pernak pernik yang diberikan si penyelenggara acara sebagai apresiasi kepada mereka yang telah datang.
Saking seringnya pergi ke acara – acara undangan sebagai blogger , entah sudah berapa banyak recycle bags, lanyards, kaos, pins, mugs, dsb ada di rumah. Banyak yang sudah saya kasih ke orang – orang lain lagi, beberapa yang lucu/unik ya saya simpan.
Ceritanya nih, 1-2 minggu lalu saya mendaftar melalui website meet up untuk acara diskusi buku. Jadi nih , ada komunitas untuk mereka yang senang baca buku, kumpul setiap bulan, ngebahas buku – buku tertentu sesuai tema. Secara nih, saya suka lihat book club di fim – film, alhasil saya pengen banget ikut acara ini. Dan di akhir acara, menurut si pengundang bakal ada book swap.  Kita yang dateng ya kudu bawa buku untuk di swap. Kalau gak bawa, ya gak bisa ikutan tukeran.
Acaranya sendiri berlangsung Sabtu kemarin Jam 11. Nah, pas malam Sabtu saya terima undangan dari salah satu majalah wanita yang bekerjasama dengan produsen mobil untuk acara di Sabtu jam 9 pagi. Mereka yang datang dipilih karena mengerjakan link survei yang diberikan.
Pada saat ngisi survey, ya saya main isi aja. Untung- untungan. Eh ternyata kepilih. Di muat nama – namanya melalui akun facebook majalah tersebut sore hari. Email dikirim sekitar jam 9 malam. Bagi saya pribadi, kalau boleh berkomentar. Bikin acara koq ya ngundang less than 12 hours? Memangnya orang cuma ngarepin email dari dia? Memangnya orang gak bikin rencana untuk weekend?
Jujur nih, saya tergoda banget untuk ikut acaranya. Saya yakin goody bag nya pasti berisi yang bagus – bagus. Saya mantapkan diri untuk ikut acaranya.
Bangun lebih pagi, siap – siap termasuk dandan. Ehya koq tiba – tiba saya mikir, apa orientasi saya cuma goody bag ? Gimana  dengan acara book club yang sudah saya daftar? Kalau ikut acara majalah tersebut, pastinya gak mungkin lah ikut book club. Secara dari ujung dunia ke ujung dunia lainnya (lebay ya , masa ujung dunia sih?). Melalui peperangan batin (serius!), akhirnya saya putuskan untuk ikut acara book club.
It’s about time to appreciate people who invite us. Itu yang ada di pikiran saya. Yang satu udah bikin acara dengan well – planned, walo bagi beberapa orang gak menarik. Saya juga yakin ga ada goody bagnya bahkan saya juga yakin gak bakal dapat makan siang!
So, around 10 am I left my house and took transjakarta to Blok M. Acaranya di coworking space baru punya Bank Mandiri di belakang Hotel Ambhara (Inkubator Bisnis Mandiri). Yang datang sekitar 12- 13 orang dari 18 yang mestinya datang melalui meet up invitation.
Tempatnya sendiri, keren! Bangkunya yang warna warni dengan screen besar tersedia. AC juga dingin. Makanan cemilan tersedia (keripik - keripik gitu) terus di tengah acara ada yang dateng bawa donat. Minuman juga tersedia.
Di acara pertama ini, ada 5 orang yang mempresentasikan buku yang mereka rekomendasikan. Setelah setiap presentasi kita ngebahas. Dan ini yang menurut saya paling asyik. Beneran lupa waktu kalo udah ngebahas. Sambil ngebahas gak berhenti makan keripik karena kelaparan. Hihihi...
Tanpa sadar, hampir jam 2 baru acara usai. Terus kita juga tukeran buku. Cuma agak sedih, ternyata dengan book swap ini kita gak bisa dapetin buku kita lagi. Secara saya gak pernah rela ngasihin buku ke orang lain. Buku itu bagi saya ya aset. Kayaknya buku yang udah saya kasihin, bakal saya beli lagi deh. Hehehe. Dan untuk pertemuan berikutnya kudu nyari buku dulu – bukan dari koleksi pribadi. Hihihi.
Ada kepuasan tersendiri setelah acara. Apalagi pertemuan pertama ini banyak ngebahas buku tentang kebahagiaan. Cucok deh untuk saya yang moody begini. Pulang cuma bawa buku dan bookmark (hadiah dari penyelenggara nulis buku dan kutu buku). Makan juga beli sendiri di Dapuraya Pasaraya.
Saat makan, saya pergi bersama salah satu cewek yang juga ikutan acara dan ternyata adik kelas di IPB. Small world it is. Lebih kecil lagi karena ternyata ada cewek lain yang merasa kenal saya karena pernah liat foto saya melalui fb di teman yang kami saling kenal. Dang!
Gak sabar nunggu pertemuan bulan depan dimana saya dapat giliran untuk presentasi. Hmmm... Artinya juga, mulai bulan depan bakalan ada satu hari Sabtu dimana saya gak bakal terima undangan dengan goody bag yang menggoda iman.
Semoga di acara berikutnya makin banyak yang ikut jadi makin banyak informasi yang didapat selain tentunya networking (tetep deh kalau yang satu ini gak dimana – mana euyy)
Saya gak men-judge mereka yang senang berburu goody bag. Itu pilihan mereka. Saya mungkin lagi mengalami kebosanan dengan acara – acara yang saya hadiri? Saya mungkin ingin bertemu dengan orang – orang baru? It’s all about me who can not stop to broaden anything within myself.
 So, kembali lagi, it is your choice. Kalau boleh ngasih saran, start to respect people. Hargai mereka para pengundang. First comes first serves.
Untuk para pengundang, please deh untuk lebih well – planned dan well – organized. Sayang ah budget yang besar tapi jadi berantakan karena dikelola gak semestinya. 
Saatnya book swap - foto milik Jakarta Book Club

Comments

  1. Wah, kakak alumni IPB ya? Saya juga (baru lulus tahun ini!). Angkatan berapa dan fakultas apa ini? Hehehe soal goody bag, saya juga suka kalau ikut seminar kadang dapet juga kan, tapi orientasi utamnya nggak selalu goody bag sih, saya pasti lihat dulu acaranya menarik apa nggak, karena kalau boleh jujur lebih senang menjalani rutinitas saja, daripada harus ikut workshop2 gtu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..pastinya kita beda jauh. lulusan jurusan apa?

      Delete
    2. Angkatan dah tua .... malu ama umur hua hua hua. Btw kak tuch ada brondong yg mau ngecengin hahahahahaha

      Delete
  2. .aku juga rada males dtg acara2 yang bener2 bisa kadang suka kagum sama yang bisa mobile kemana2 ikut acara kemana2 xD

    Kakaakkk ipbb yaaa angkatan berapaaaa....itu ada yang nanya adek kelas xD

    ReplyDelete
  3. Tapi teteup, kadang goody bag yang menarik perhatian datang ke suatu event :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts