Mencari Makanan Halal di Roma

Sepiring couscous
Hai hai, apa kabar kamu?
Setelah sebelumnya membahas tentang Moschea di Roma – Rome Grand Mosque, kali ini saya akan bercerita tentang makanan halal di Roma.
Mencari makanan halal disini butuh suatu perjuangan kecuali tinggal di daerah Termini. Termini itu merupakan nama stasiun kereta utama di Roma dan terletak di pusat kota. Di daerah yang selalu ramai ini terdapat banyak restoran (ristorante) yang menyediakan makanan halal. Restoran - restoran ini kebanyakan dikelola oleh imigran dari Asia Selatan dan ada beberapa yang dikelola oleh mereka dari Afrika Utara dan juga Turki.
Saking seringnya saya ke daerah ini, eksplorasi saya sampai membuat adik saya kagum. Dia yang tinggal disitu ternyata kurang begitu mengetahui tentang keberadaan restoran halal ini.
Dimana saja area yang banyak restoran halal?
Saat keluar dari Termini dan menghadap ke area halte bus yang besar, di bagian kiri itulah terdapat kumpulan restoran halal. Terdapat beberapa restoran yang menyediakan makanan Itali , India dan Afrika Utara seperti Maroko. Di sisi kiri itu juga ada gang (jalan tempat lewatnya trem) dimana dijalan tersebut terdapat tavola calda (takeaway untuk makan pizza) yang dikelola oleh orang Mesir dan rasanya juga enak. Pas diseberang tavolda ini, terdapat restoran fast food yang menjual macam - macam penganan dari ayam dan macam – macam burger.
Jika keluar Termini dan menghadap tulisan Mc Donald’s, gak usah bingung juga, bisa menyebrang dan jalan ke arah kiri dimana dekat dari situ ada restoran Turki dengan pelayan yang sangat ramah.
Kalau mau eksplor lagi, bisa masuk gang – gang di sekitar situ (gangnya bukan gang yang menyeramkan tetapi gang yang ramai) dan nanti dapat ditemukan banyak restoran halal lainnya.
Untuk harga, hampir semua menjual dengan harga standar. Tinggal coba – coba saja mana yang rasanya sesuai selera.
Penikmat makanan dari restoran halal ini bukan hanya orang muslim tetapi juga orang – orang asing lainnya. Kalau hitung – hitungan saya dari segi biaya sih. Makanan di dalam Termini itu lumayan mihil. Lah donat yang biasa 80 sen, di dalam bisa jadi 2 Euro. Makan di restoran halal ini, 7 euro sudah dapat paket spaghetti pomodoro, sebotol mineral water dan juga kopi. Atau dengan 6 Euro sudah mendapatkan nasi biryani daging dengan porsi segambreng. Plus, makan disini gak dikenakan biaya servis yang biasa dikenakan oleh restoran – restoran lainnya. Cuma 1 yang kurang, secara udah murah, jangan harap ada jaringan wifi gratis maupun berbayar. Hehe.
Nah dekat dari Termini ini (gak dekat banget sih, sekitar 15-20 menit jalan kaki), ada pusat pasar bernama Mercato Esquilino yang menjual kebutuhan pokok dan pakaian. Untuk pasar bahan makanan, disini terdapat beberapa lapak yang menjual kebutuhan akan daging halal.
Selain di kawasan Termini ini, agak susah mencari makanan halal. Ada sih satu – satu yang nyempil di antara bangunan toko – toko. Jaringan Chicken Hut dapat ditemukan di beberapa tempat. Restoran fast food ini menyediakan beragam makanan dari ayam.
Berdasarkan pengalaman, saat makan di area Termini ini, sebaiknya memilih menu selain makanan Itali. Sekali waktu saya memesan spaghetti pomodoro dan saya sangat kecewa. Di lain waktu saya memesan menu couscous (makanan khas dari Maroko) yang sebenarnya gak begitu Maroko tapi masih dapat diterima lah. Dan menu ini menjadi pilihan saya setiap makan di daerah ini. Atau bisa juga mencoba makanan dari India seperti nasi biryani yang lumayan enak juga.
Porsi makanan di daerah ini, bagi saya pribadi sebenarnya bisa dimakan untuk dua orang. Padahal kalau orang sana, makan sendirian pasti habis sih. Porsinya beneran banyak dan menggunung, hehe.
Untuk soal kebersihan , gak perlu kuatir juga. Sepertinya restoran - restoran disini dibawah pengawasan pemerintah Itali sehingga standar kebersihan yang diterapkan tetap berlaku. Dapat dilihat meja yang bersih dan lantai yang selalu dibersihkan.
Bagaimana jika ingin makan di tempat tanpa tanda halal? Nanti akan saya tulis khusus deh untuk hal ini di tulisan berikutnya.
Sekian dulu untuk yang satu ini. Ciao!
Salah satu daftar menu yang dipajang di depan restoran




Comments

Popular Posts