Saya , Komunitas dan Smartphone



Komunitas , menurut definisinya yang saya temukan di wikipedia dapat diartikan sebagai sebuah kelompok sosial  dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.
Membicarakan komunitas selalu akan membuat saya mengingat beberapa tahun kebelakang saat saya menyelesaikan thesis saya dengan membahas betapa efektifnya suatu forum tempat berkumpulnya mereka yang mempunyai keterikatan akan suatu barang.
Saat itu saya membahas tentang komunitas pencinta mobil. Saya sampai ikut acara kopdar yang bertepatan dengan ulang tahun ke – 2 dari forum tersebut dan hingga sekarang di usia lebih dari 8 tahun, forum masih berdiri walau anggotanya sudah berganti merk kendaraan.
Saat itu saya melakukan penelitian dengan membagikan kuisioner maupun ngobrol  mewawancarai mereka yang mengurus forum tersebut. Saat ikutan kopdar (kopi darat) pun saya terbilang nekat karena tidak mengenal siapapun.
Enam tahun lebih berjalan, walau saya tidak seaktif dulu, tapi jejak saya di forum tersebut begitu membekas. Saat itu, tahun 2008, facebook belum seperti sekarang. Daripada membuka halaman facebook, yang pertama dilakukan di pagi hari adalah membuka halaman forum dan saling menyapa.
Sekarang, komunitas lebih bervariasi. Ada yang organik,  tumbuh atas kesadaran mereka – mereka dengan minat yang sama mapun non – organik yang dibentuk atas dana dari produk/merk yang ingin mengumpulkan orang – orang dengan minat yang sama.
Enam tahun lalu, mereka yang bergabung di komunitas hanya berhubungan di jam – jam tertentu saat menyalakan pc. Sekarang, mereka yang bergabung di komunitas bisa berkomunikasi 24 jam dalam sehari 7 hari dalam seminggu.
Ini semua tentunya dapat terjadi dengan adanya smartphone. Selain dapat digunakan untuk menelpon dan sms, juga bisa digunakan untuk bisa berkomunikasi setiap saat dengan mereka para anggota dari komunitas melalui jaringan internet.
Banyak dari komunitas menggunakan fasilitas dari social media semacam facebook, twitter ataupun yang terbaru sekarang adalah meet up. Beberapa komunitas sekarang ini  membangun aplikasi tersendiri demi memudahkan komunikasi antar anggota.
Berita – berita baru dapat dengan gampang di – share, acara dapat dengan mudahnya diinformasikan ke sesama anggota. Bahkan penggalangan bantuan untuk mereka yang membutuhkan dalam waktu mendesak bisa tersebar dalam hitungan detik.
Dengan adanya smartphone yang canggih dan juga jaringan internet dengan sinyal yang kuat,  bergabung menjadi anggota suatu komunitas semakin asyik. Akrab di dunia online dan saat kopdar, tidak lagi grogi. Langsung bisa berbaur dengan mereka yang telah dikenal selama ini melalui dunia maya.
Seandainya tidak ada smartphone, dinamika suatu komunitas tentunya tidak akan sekreatif sekarang ini. Perlu waktu untuk suatu berita tersebar. Perlu dana lebih untuk bisa menghimpun orang dengan minat yang sama.
Sekarang ini setiap individu bisa bergabung dengan banyak komunitas yang sesuai minatnya. Bahkan untuk satu minat saja, bisa banyak komunitas kita bergabung walau terkadang orangnya juga itu – itu aja sih. Hehehe.
Seperti saya pribadi, karena minat terhadap urusan dapur, entah sudah berapa banyak komunitas masak memasak dimana saya bergabung. Setiap saat melalui gadget saya bisa memantau resep – resep apa yang sedang hits.
Sebagai seorang blogger, banyak komunitas dimana saya juga bergabung, menjalin persahabatan, mendapatkan banyak informasi , memperluas jaringan/networking dan belajar banyak ilmu untuk meningkatkan kemampuan sebagai seorang blogger.

Dapat dikatakan, banyak hal yang saya dapatkan melalui komunitas dan juga atas bantuan smartphone yang mumpuni, hidup menjadi semakin berwarna. 

Sebagai seorang blogger dengan minat yang random *sesuai tagline saya : a random woman*, sekarang ini ada website dimana saya bisa menyalurkan minat saya dengan berbagi foto maupun tulisan. Website tersebut, semangat-berbagi.com menyediakan saluran untuk mereka yang suka makan (#smaftfood), jalan - jalan (#smarttravel), kumpul - kumpul (#smarthangout), menjaga penampilan (#smartlook) , dan gadget (#smartgadget).
Selain itu, juga ada beberapa komunitas yang bergabung di website ini. Coba aja dicek , seru loh. Jangan lupa, untuk sign up dulu sebelum bisa menikmati keseruan lebih lanjut di website ini,:)
Website ini dibuat oleh smartfren.com sebagai wadah untuk menampung minat mereka - mereka sehingga dapat tersalurkan dan dapat mencakup lebih banyak orang lagi. Some people can become a real star through this social media world. You just need to use it wisely.



Comments

Post a Comment

Popular Posts