Kopdar di Museum?



Kopdar aka kopi darat di Museum? Hmmm, it is kind of weird when one first hear it. Bagi saya pribadi nih, mendengar kata museum, koq kesannya spooky dan ihhh jadul banget sih – kaya anak SD aja. Eitssss... jangan salah dulu. Ternyata museum sekarang udah gak seperti bayangan saya lho..

Ceritanya nih Oraboo bikin kopdar di Museum Sumpah Pemuda Jakarta. Hayyo, pada tahu gak di mana museum ini? Saya yang rumahnya tinggal ngesot dari museum ini, baru sekali – kalinya menginjakkan kaki. *akkk, saya jadi malu*

Museum Sumpah Pemuda ini bertempat di Jalan Kramat Raya No. 106, kalau dari atrium Senen – lokasinya ada di sebelah kanan.  Dari depan sih keliatannya kecil tapi begitu masuk ke dalam, gede juga lho. Yang bikin saya kagum, dengan uang masuk Rp 2000 untuk orang dewasa, ruangan di dalam museum ini menggunakan pendingan udara lho. Ck.. ck...

Belum selesai kekaguman saya dengan pendingin udara, ternyata tempatnya juga tertata rapi, bersih, papan yang menceritakan setiap peristiwa juga ada plus ada media interaktif semacam komputer yang bisa digunakan untuk membaca dan melihat – lihat informasi di museum ini.

Bahkan, ada aula juga lho yang bisa digunakan untuk acara. Gak terlalu besar sih tapi lumayan lah untuk 100 orang aja muat koq dan juga menggunakan pendingin udara.

Oke, oke, balik lagi ke acara kopdar. Ini kopdar bukan sekedar kopdar yang ngalor ngidul, ada pembicaranya juga lho yang menjelaskan tentang Bisnis Melalui Social Media. Boleh bangga dikit gak? *boleh lah, kan blog pribadi juga ya?*. Pembicaranya tuh blogger ngetop dan juga temen saya, Ani Berta.

Memang sih, siapa yang bisa menyangkal bahwa social media tuh sekarang memegang peranan penting. Siapa yang gak tergoda dengan promosi barang apalagi kalau testimoninya diberikan oleh orang – orang ngetop; sebenarnya gak usah ngetop – ngetop banget, teman yang kita follow di twitter aja bisa bikin kita terpengaruh saat mereka me-review suatu produk kan?

Jadi nih, kalau punya bisnis tapi gak disosialisasikan lewat social media, sayang banget deh. Selain  itu, ada bisnis lainnya yang bisa didapat melalui social media? Apa tuh? Misalnya kita sebagai pengguna social media, menjadi buzzer untuk suatu produk. Banyak lho blogger yang mendapatkan penghasilan dengan menjadi buzzer di twitter dan juga dengan menulis review di blognya. Asiek gak tuh?

Bloggers banyak juga yang mendapatkan penghasilan dengan mengikuti lomba – lomba yang banyak dipublikasikan lewat social media. Atau, yang juga ngetrend nih, mendapatkan penghasilan dengan mengikuti live tweet saat menghadiri suatu acara. Untuk bisa live tweet, kita kudu punya akun twitter ya.

By the way, udah pada tahu Oraboo belum? Oraboo tuh semacam forum yang isinya ada jual beli, kumpul komunitas dan share beragam informasi baik tentang makanan dan lainnya. Forumnya sendiri sebenarnya udah terbentuk dari beberapa tahun lalu tetapi karena sempat terjadi perpindahan server, baru sekarang ini kembali masuk lagi dan menyapa para anggotanya.

Selain oraboo, acara kopdar ini juga disponsori oleh CNI. Hayyo, siapa yang gak tahu CNI? Kopi ginseng keluaran CNI ini lumayan ngehits loh karena memang enak dan tidak membuat maag kumat setelah meminum kopi.

Dulu saat tinggal di Arab Saudi, teman – teman di sana maupun tante saya selalu minta dibawakan kopi ginseng ini saat saya pulang ke Jakarta. Pokoknya, kopinya juara deh – apalagi bagi saya pribadi yang tidak terlalu suka rasa yang kelewat manis.

Semoga kedepannya, makin banyak ya acara yang diselenggarakan oleh Oraboo dan CNI. Kalau boleh request, acaranya di museum lainnya ya sehingga menambah pengetahuan bagi kami – kami yang pada awalnya kurang tertarik pada museum untuk lebih mencintai berkunjung dan menimba ilmu di museum,:)

Ani Berta sedang memberikan penjelasan

Para peserta berfoto bersama

Comments

Post a Comment

Popular Posts