Pengalaman Berbelanja di Gramediana

Ceritanya minggu lalu karena menang live tweet dalam sebuah acara, saya mendapatkan vouchers dari gramediana. Saat itu saya mendapatkan 8 vouchers bernilai Rp 19.000 dan 2 vouchers bernilai Rp 29.000.

Dikarenakan expiry date adalah pada tanggal 13 Mei 2014 dan saya gak mau sampai kelupaan sehingga voucher tersebut hangus, alhasil saya buru – buru deh mencari  e – books yang memikat hati.

Memang, kalau urusan buku saya paling gak tahan deh dengan godaannya. Sebenarnya sih lebih senang printed books. Harumnya lembaran kertas (padahal ada cetakan yang tidak berbau, tapi apapun itu) itu bikin ketagihan.

Walaupun begitu, saya tetap senang koq dengan e – books. Di dalam tab saya tersimpan ratusan e - books dengan berbagai macam genre yang saya suka baca sebelum tidur, saat di ruang tunggu maupun saat di dalam bus.

Kembali ke vouchers yang saya terima, saya baru tahu loh dengan website gramediana ini – yang ternyata masih satu group dengan PT. Gramedia Pustaka Utama (pastinya sih, dari namanya juga terbaca kan ya?)

Jujur, apps untuk tab (android) jauh lebih stabil dibanding untuk PC. Kembali lagi, namanya juga masih baru ya. Semoga ke depannya bisa lebih baik. Kenapa saya bilang versi androidnya lebih stabil? Setelah men - download e – books di hari pertama melalui PC lalu saya download kembali di tab, semuanya berjalan dengan baik. Tetapi saat hari ketiga (hari kedua off) saya ingin men - download, files di PC lenyap entah kemana (files di dalam my library). Sementara files di tab muncul dan baik – baik saja. Akhirnya saya hanya menggunakan tab untuk mengakses gramediana ini.

Dari segi tampilan website? Hmmm... Okelah. Tapi kenapa harus menggunakan bahasa Inggris? Secara buku yang dijual juga buku – buku lokal toh.. *sekedar masukan lho

Voucher? Nah ini yang repot. Ternyata penggunaan voucher hanya bisa menggunakan 1 voucher per pemesanan. Tadinya saya berpikir untuk menggunakan beberapa voucher yang ada untuk pembelian buku seharga Rp 139.000 tapi ternyata oh ternyata, tidak bisa. Ini sudah dikonfirmasi saat saya bertanya melalui twitter @gramediana setelah gagalnya memasukkan beberapa voucher.

Kalau begitu, ngapain repot – repot beli voucher? Mending sekalian aja bayar menggunakan fasilitas yang ada. Memang sih tujuannya untuk mereka yang tidak punya credit card atau debit card, tapi kalau mau membeli buku di atas nilai voucher maksimum (dari halaman utama, tertera voucher yang ada bernilai Rp 19.000, Rp 29.000, dan Rp 39.000) kan tetap saja toh harus membayar kelebihan nilai yang ada dengan cara pembayaran lain. *sorry kalau saya salah mengerti, saya siap meng - update tulisan ini jika perbaikan-perbaikan telah dilakukan*

Setelah proses pembayaran selesai, tunggu beberapa saat sebelum buku bisa di download melalui apps yang kita punya. Berharap suatu saat, apps yang ada di perbaiki, secara kita sudah tahu bentuk file - nya pdf, ya gak usah ditanya lagi, apakah kita mau download pdf atau pada saat membuka e-books ada lagi tulisan read pdf. Kayaknya bakal lebih seru kalau apps di lengkapi dengan stickers untuk penanda tanda halaman yang sedang kita baca,:)

Pilihan buku? Lumayan banyak sih... *walau buku terbaru pak SBY belum ada*. Kebetulan saya hanya tertarik dengan buku masak. Jadi saya hanya berkutat muter – muter disitu mencari e – books yang nilainya sesuai dengan voucher yang saya punya. Alhasil saya bisa mendapatkan 10 e – books masak memasak dan membuat minuman tradisional.

Feature yang paling saya suka dari gramediana ini adalah preview book. Saya jadi bisa melihat daftar isi. Untuk buku masak, daftar ini sangat penting untuk mengetahui makanan apa saja yang di dalam buku. Secara printed books masak memasak saya juga banyak, semaksimal mungkin saya usahakan untuk mempunyai resep – resep yang belum ada di dalam koleksi saya. Lagi – lagi sekedar saran, walau dari segi warna, e – books gramediana ini tidak ada masalah, tapi kayaknya perlu mengedit halaman 2 dari buku, yang notabene kosong, lebih baik tidak usah ditampilkan.

Harapan saya kedepannya, semoga gramediana bakal ada promosi e - books gratis , hehe.. *gak apa – apa donk, namanya juga harapan*.

Berikut saya tampilkan beberapa gambar dari tampilan gramediana...

Tampilan Gramediana di Tab setelah download



Yaaay, free vouchers



Tampilan saat proses pembayaran sudah selesai








Comments

Popular Posts