Buku Personal Branding - Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik

Saat membicarakan Personal Branding, apa yang sebenarnya ada dipikiran Anda semua? Tahukah Anda bahwa personal branding ini diperlukan utamanya dalam hal politik. Seorang caleg (calon legislatif) membutuhkan personal branding yang kuat agar masyarakat pemilih bisa mengenal jelas caleg tersebut, walau tidak kenal secara langsung tapi dapat mengaitkan orang tersebut dengan sesuatu - yang positif tentunya. Akan lebih baik lagi, jika orang tersebut dapat dikaitkan dengan hal yang berbau politik.

Dwiki Dharmawan yang di tahun 2014 ini maju menjadi calon legislatif dari suatu partai, personal branding-nya sudah  jelas sejak lebih dari 20 tahun bahwa ia adalah seorang musisi. Jujur, saya pribadi bahkan tidak tahu kalau beliau menjadi caleg. Sebagai seorang musisi, Dwiki dikenal dengan track record-nya yang bagus, sehingga hal ini sedikit banyak membantu beliau saat menjadi seorang caleg.

Branding disini dapat diartikan sebagai menggambarkan diri. Apakah gambaran orang lain kepada kita? Apa yang dilihat seseorang dari seorang caleg, seorang politisi, seorang atlet, seorang artis, seorang calon presiden, dll?

Dengan perkembangan dunia politik dimana setiap lima tahun sekali kita memilih caleg, presiden, gubernur, walikota, dan kepala daerah. Sudah saatnya ada buku yang dapat dijadikan acuan sebelum bertarung terjun ke dunia politik. Atas dasar itulah, Dewi Haroen mengeluarkan buku yang berjudul Personal branding – Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik.

Dalam peluncuran dan bedah buku yang dilaksanakan di function room toko buku Gramedia Matraman pada tanggal 6 April 2014, hadir sebagai pembicara Prof. DR. Din Syamsuddin (Ketua Umum MUI), Prof. DR. Hamdi Muluk (Guru Besar Psikologi Politik Universitas Indonesia), Dwiki Dharmawan (Musisi yang juga caleg), dan dimoderatori oleh Alvin Lie. Sementara pembawa acara adalah salah satu blogger ternama, Karel Anderson.

Dewi Haroen adalah seorang psikolog lulusan Universitas Indonesia yang berprofesi sebagai seorang trainer dan motivator pengembangan sumber daya manusia. Beliau adalah pendiri AMALIA Psychology Consulting and Training Center dan juga staf pengajar di Trisakti School of Management.

Walau buku ini diluncurkan di minggu tenang pemilihan umum, Dewi Haroen tidak merasa terlambat. Beliau yakin, buku ini akan bisa digunakan kedepannya oleh siapapun yang ingin terjun ke dunia politik.

Dalam kesempatan tersebut, Din Syamsuddin mengatakan bahwa personal branding merupakan hal yang naluriah bagi manusia untuk menampilkan ke-aku-annya dan merupakan sesuatu yang sangat objektif. Personal Branding digunakan untuk menampilkan inner beauty atau kepribadian seseorang (yang baik tentunya) sebagai bentuk manifestasi dari sebuah pembentukan karakter. Agar dapat terhindar dari penyalahgunaan yang mengarah kepada sesuatu yang manupulatif, maka personal branding tersebut tidak boleh meninggalkan nilai dan karakter dari seseorang.

Hamdi Muluk yang juga memberikan kata pengantar di dalam buku ini mengungkapkan bahwa personal branding itu haruslah dibangun dari kepribadian para politikus secara benar dan tepat. Bila ini dilakukan, maka secara otomatis orang tersebut akan memiliki branding dengan sendirinya.

Sementara Dwiki Dharmawan mengatakan bahwa dalam dunia musik, branding itu diukur dari karya dan prestasi yang dibangun dengan konsisten. Kalaupun sekarang ini banyak orang yang membangun branding dengan cara instant, tapi pada akhirnya masyarakat yang menilai dan akhirnya tidak akan bertahan lama.

Buku ini sendiri diluncurkan tepat sehari setelah ulang tahun Dewi Haroen. Maju ke atas panggung adalah suami, seorang putri dan dua orang putra beliau memberikan bouquet bunga dilanjutkan dengan Dwiki Dharmawan memainkan musik menggunakan gitar dan Hamdi Muluk menyanyikan lagu Happy Birthday diiringi seluruh pengunjung yang berada di function room tersebut.

Semoga Dewi Haroen sukses dengan buku Personal Branding  ini dan ditunggu karya – karya lainnya,J

 Judul     : Personal Branding
Penulis   : Dewi Haroen
      Halaman : 320
      Terbit    : April 2014
      Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
      ISBN      : 978-602-03-0381-9


Comments

Popular Posts