Mengenal Pulau Hokkaido Melalui WAKUWAKU JAPAN

Hokkaido yang dulunya dikenal dengan nama Ezo, Yezo, Yeso atau Yesso merupakan pulau kedua terbesar di Jepang. Pulau ini terletak di bagian utara dengan luas 83.454 kilometer persegi dan berpenduduk 5.474 juta (per 31 Maret 2012).

Dengan pulau yang begitu luas, banyak tempat menarik terdapat disini dan diangkat dalam acara bertajuk Casual Traveling Hokkaido dan Activity Guide Hokkaido. Kedua acara ini dapat disaksikan melalui channel WAKUWAKU JAPAN melalui Indovision (channel 168) dan Okevision (channel 32), juga tersedia melalui FirstMedia (channel 340).

Casual Traveling Hokkaido ini ditayangkan setiap hari Kamis pukul 21.00 – 21.30 dan ditayangkan ulang pada hari Jum’at pukul 03.00 – 03.30 dan pukul 13.00 – 13.30. Acara ini di bawakan oleh Yamauchi Keisuke, Amaya Hideoki, Miyoshi Risu, dan Kawashima Rumi.

Dalam setiap episodenya, masing - masing pembawa acara bergantian untuk meliput suatu daerah yang berbeda – beda. Dalam salah satu episode yang saya tonton, Yamauchi Keisuke pergi ke suatu daerah di pinggir laut dimana dia dapat memakan landak laut yang segar dan pergi ke daerah lainnya dimana dia menikmati dan belajar membuat kue Taiyaki – yang merupakan makanan khas daerah tersebut.

Di setiap episodenya , Casual Traveling Hokkaido,  menceritakan tentang keindahan suatu tempat, apa saja yang dihasilkan oleh daerah tersebut, mencoba makanan khas dari daerah yang didatangi (termasuk didalamnya mewawancarai pembuat makanan tersebut) dan juga percakapan sang pembawa acara dengan penduduk lokal maupun turis.

Setiap pembawa acara mencoba makanan lokal, di televisi dapat dilihat harga dari makanan tersebut dan juga informasi lainnya yang tertera menggunakan huruf kanji (maaf, saya gak mengerti apa yang ditulis, selain hanya mengerti angka yang ditulis dengan penulisan biasa).

Yamauchi Keisuke yang merupakan penyanyi terkenal di Jepang membawakan acara ini dengan gaya serius tapi menarik. Lain Yamauchi, lain lagi dengan Amaya Hideoki, lelaki ini membawakan acara dengan gayanya yang lebih santai dan lucu.

Terlepas dari pembawaan masing - masing pembawa acara, acara ini sangatlah menarik dikarenakan informasi yang ditampilkan dan juga narasi yang jelas, padat, dan lengkap.

Berbeda dengan Casual Traveling Hokkaido, adalagi acara Activity Guide Hokkaido yang ditayangkan setiap hari Kamis pukul 21.30 – 22.00 dan ditayangkan ulang pada hari Jum’at pukul 03.30 – 04.00 dan 13.30 – 14.00.

Activity Guide Hokkaido ini menampilkan acara yang lebih fokus pada suatu tempat dan kegiatan yang ada di daerah tersebut. Pada salah satu episode yang saya tonton, mengambil lokasi di daerah Shikaoi. Dimana di daerah tersebut terdapat danau yang di dalamnya ada ikan bernama Miyabe – iwana. Di danau tersebut, siapapun dapat beraktifitas memancing ikan ini untuk kemudian dilepaskan kembali karena ikan Miyabe – iwana hanya terdapat dan dibudidayakan di danau ini.

Dalam episode ini juga diceritakan suatu peribahasa Jepang, jika ingin berbahagia sehari maka minumlah arak tetapi jika ingin berbahagia selamanya maka pergilah memancing. Dan kegiatan memancing yang dilakukan mereka, baik itu di danau, laut ataupun sungai adalah dengan melepaskan kembali ikan tersebut ke dalam lingkungannya sehingga tidak merusak ekosistem yang sudah terbentuk.

Pada episode yang sama, juga diceritakan bagaimana anak – anak belajar menyelam dan mengenal biota laut. Anak – anak tersebut dengan menggunakan kapal dibawa ke tengah  laut yang dangkal. Anak – anak yang dibimbing oleh pembimbing dewasa, diajarkan bagaimana untuk memperlakukan biota laut dengan semestinya tanpa membunuhnya. Aktifitas yang menyenangkan tersebut dilanjutkan dengan pergi ke suatu tempat dimana para nelayan telah menyediakan kolam buatan yang didalamnya diisi beberapa macam biota laut tersebut dan anak – anak dapat memegang dan bermain tanpa harus basah – basahan.


Dengan menonton acara tentang Hokkaido ini dapat menjadi panduan saat akan berkunjung ke pulau tersebut sehingga hal – hal menarik tidak akan terlewatkan,J

Yamauchi Keisuke saat akan mencoba makanan berbahan dasar landak laut

Yamauchi Keisuke saat makan kue Taiyaki

Amaya Hideoki saat berkunjung ke objek wisata

Ikan Miyabe - iwana




berpartisipasi dalam WAKUWAKU JAPAN[4]

Comments

  1. Halo Yunika.
    Saya juga suka dengan acara ini karena kita bisa melihat sisi wisata alam Jepang yg sangat jarang ditampilkan di mana-mana.
    Terutama Casual Traveling yg pas eps. ke Rebun Island, pulau kecil paling utara di Jepang. Thanks for sharing!

    Anyway, tengok juga trip saya di Hokkaido di sini:
    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    "It's not just about the destination, but the journey"

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts