Makan Pagi dengan Gandum Utuh?


Siapa sih yang gak suka kalau disediakan makan pagi nasi uduk?? Duh itu juara banget ya apalagi pakai bihun goreng, gorengan bakwan dan sambal kacang. Super yummm…

Sekali, dua kali, okelah..kalau keseringan, bisa gawat dunia pergulaan. Secara ya itu nasi udah karbohidrat, bihun pun… Belum lagi makan siang kita, lalu makan malam. Ck ck ck…


Memang sih tubuh di pagi hari butuh kandungan gula, tapi gak banyak-banyak amat juga. Kalau memang banyak melakukan aktifitas fisik, okelah makan yang mengandung karbohidrat seperti nasi. Tapi, kalau mau sekolah atau kerja kantoran, lebih baik dipikirkan makanan lainnya yang bisa menambah energi dan kita bisa kenyang cukup lama. Paling gak, hingga jam 10 pagi, jamnya ngemil (menurut penelitian, memang antara jam makan pagi dan siang, baiknya diselingi dengan cemilan ringan, karena lambung yang kosong terlalu lama juga tidak baik, kecuali saat berpuasa).

Nah, pilihan makan pagi apakah untuk keperluan tersebut????

Makanan dengan gandum utuh…

Whole grain... 

Pasti pada bingung kan? Kalau denger gandum, pasti pikirannya, duh rasanya ajaib.

Gak juga kok, gandum utuh bisa diolah macam-macam.

Ceritanya hari Kamis 28 Maret saya diundang untuk mengikuti acara bersama Nestlé Breakfast Cereals. Dalam acara ini, Nestlé Breakfast Cereals mengajak masyarakat Indonesia untuk rutin mengonsumsi gandum utuh karena kandungannya yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, mengonsumsi makanan  tinggi serat dan gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit kronis tidak menular seperti stroke dan kanker usus.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa gandum utuh terdiri dari tiga bagian penting, yaitu inti gandum utuh yang bertepung (starchy core), bagian tengah yang kaya nutrisi (nutrient packed center) dan lapisan gandum utuh (fiber bran layer), yang mengandung vitamin, mineral, dan kaya akan anti-oksidan.

Pada acara tersebut, hadir pembicara Prof. Ali Khomsan dari Institut Pertanian Bogor yang  mengatakan bahwa makanan berserat tinggi dapat mengendalikan kolesterol, over weight, dan kanker kolon. Menurut beliau juga, dalam sehari, kita bisa mengonsumsi whole grain sebanyak 48 gram dan ini cukup tinggi kadar seratnya dan bikin kenyang.

Prof. Ali Khomsan sedang memberikan penjelasan

Beliau juga mengatakan, bahwa mengonsumsi whole grain ini dapat bersamaan dengan buah, sayuran dan juga kacang-kacangan agar manfaatnya maksimal.

Anyway, mulai besok, pantengin deh IG saya, saya akan berbagi resep selama 7 hari ke depan, untuk resep makanan menggunakan produk gandum. Hal ini saya lakukan dalam rangka  memenuhi tantangan Nestlé Breakfast Cereals dengan “Tantangan 7 Hari Gandum Utuh” atau “7 Days Whole Grain Challenge” dimana kegiatan ini merupakan bagian dalam kegiatan PESAN (Pekan Sarapan Nasional).

Contoh makan menggunakan cereals


Fyi....
Setiap produk Nestlé Breakfast Cereals menggunakan gandum utuh sebagai bahan utama dan tiap porsinya mengandung sedikitnya delapan gram gandum utuh. Nestlé Breakfast Cereals memiliki berbagai macam produk sereal dengan kandungan gandum utuh yang tinggi, seperti Koko Krunch, Koko Krunch Duo, Milo Balls, Honey Stars dan Corn Flakes. Produk – produk ini tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kemasan, yaitu kemasan kotak, combo, pouch dan sachet.

Rangkaian produk Nestlé Breakfast Cereals

Di kemasan produk Nestlé Breakfast Cereals, kamu pasti akan melihat logo CPW dan bertanya-tanya (apa cuma saya aja ya yang kepo?)
Sumber: Google


Cereal Partners Worldwide(CPW) adalah perusahaan sarapan sereal global terkemuka dan produsen dari Nestlé Breakfast Cereals, dengan produk-produk favorit seperti KRUNCH, KOKO KRUNCH DUO, MILO BALLS, HONEY STARS dan CORN FLAKES. Dengan lebih dari 50 brand yang cocok untuk segala usia dan gaya hidup, CPW mempunyai misi untuk membuat sarapan menjadi lebih baik melalui makanan yang mudah dikonsumsi, lezat serta bergizi yang membantu masyarakat memulai hari mereka dengan cara yang terbaik. Didirikan pada tahun 1990, CPW adalah kemitraan yang telah terjalin lama antara Nestlé dan General Mills yang menyatukan kemampuan kelas dunia dari kedua perusahaan tersebut.

Comments

Popular Posts