Gimana Caranya Bisa Turun Berat Badan

ah, berat badan... satu dari sekian banyak hal yang gampang naik tapi susah turun. Udah susah payah olahraga, gak makan, menahan nafsu, tapi tetep aja jarum di timbangan gak berpindah ke kiri (atau kalau pake timbangan digital, angkanya stuck disitu-situ aja).

Kesel?
Hilang motivasi?
Melampiaskan diri dengan makan balas dendam?
Pundung di kamar?

Been there, done that!!!!

let me share my experience. perhaps, this is not the best. this is just according to what my body's achievements.

Sekian lama usaha menurunkan berat badan. sukses. lalu naik lagi. lupa diri, bablas gede banget!

semangat lagi. olahraga lagi. diet lagi. eh naik berat sedikit. kesel. olahraga tambah berat. 

gitu aja siklus kehidupan gue selama 7-8 tahun terakhir ini. 

sampai akhirnya, kumerenung. melalui proses panjang. my body udah dari sananya gede (this is semacam pembelaan diri, menyalahkan hal lain instead of memperbaiki diri)

terus terpikir/// berapa sih umur gue? berapa lama lagi waktu tersisa?

masih belum puas apa makan enak? masih belum puas apa leyeh-leyeh setiap hari? masih belum puas apa membiarkan hidup tanpa bergerak berfaedah?

THIS IS TIME TO CHANGE

bukan.. bukan jadi langsing kayak model (sorry ya untuk penggunaan kata model ini, tapi emang kan model pada langsing toh?)

enggak. enggak bakal gue bisa berhenti dari makan yang enak dan gue suka. 

i just need to have exercise as my habits. exercise as one of my routines daily. 

sekitar di bulan agustus tahun 2019, pemikiran ini datang. pemikiran untuk melakukan exercise/olahraga secara kontinyu. dalam artian, gue bisa tetep makan enak (less portion, of course) tapi bergerak.... rasa-rasanya gue kurang gerak. pegel sana sini. uncontrolled cholesterol level. masuk angin gak geunah. males ngapa-ngapain.

ngobrol ma adik gue, ternyata dia pun ada goal untuk mengurangi berat badan. dia sih belum kepikiran untuk olahraga. menurut dese, udah capek ngurus 2 balita. 

kitapun sepakat untuk detox. gue di jakarta, dia di singapur. 3 hari detox yang menyiksa karena gue lemes banget. tapi hasilnya? masuk angin gak geunah bisa dibilang 90 persen menghilang ditelan bumi.

lalu mulai rajin lah gue bergerak. dimulai dari 6 weeks challenge walk at home. dalam 1 minggu ada 1 hari off. ga sampe 6 minggu eh gue kudu ke singapur. agak bablas makan disana tapi tetep gerak, renang hampir setiap hari.

ntah kenapa kalau ketemu 2 krucil, tanpa olahraga, berat bisa turun baik-baik walau makan banyak. hahahahha.

di bulan ke-empat, gue berpikir untuk mengukur berapa banyak langkah gue per hari nya. membeli mi band 4 merupakan sesuatu yang sangat berfaedah hingga saat ini. target sih 10.000 langkah. udah dapat setengahnya aja alhamdulillah.

olahraga tetep donk. segala video youtube menjadi acuan. jujur nih, di umur segini, agak takut lompat-lompat. jadi saat exercise, selalu memilih option yang low impact. gak apa lah.

sempet konsultasi ke dokter urusan kaki, kenapa sering sakit ngilu gitu setelah olahraga. disuruh minum vitamin, satu botol isi 60 habis, alhamdulillah sampai sekarang ga ada lagi ngilu-ngilu gak jelas. kalaupun sesekali in a blue moon dia datang, minum 1 kapsul alhamdulillah aman. 

ke itali 2 bulan lebih..sukses berat turun tanpa olahraga tapi setiap harinya jalan bisa sampai 8000 langkah, belum lagi ngejar bus kesana kemari. cardio in a fun way, i assume. 

balik di jakarta, bahkan bulan ramadhan. tetep olahraga. ealah.. kayaknya pas lebaran bablas makan yang manis-manis, ternyata berat naik.. frustasi? sempet lah. 

sekarang ditambah intermittent fasting sekitar 13 jam untuk membantu proses penurunan berat. a bit slow, 1 kg a week. but it is ok.

pegal-pegal udah lama ga ada.

kolesterol? udah lama gak cek. hahahaha

keseleo? beberapa kali lah saat terlalu semangat olahraga. sempet sampai mau pingsan sakit pinggang. bukannya berhenti olahraga, 3 hari kedepannya, memilih olahraga for elderly dari youtube. 

keseleo gak jadi penghalang untuk tetep bergerak. yang bisa menghalangi saya dalam berolahraga hanya rasa sakit kepala saat mens. berasa gak bisa ngapa-ngapain kecuali rebahan doank. padahal ini kalau dilawan dengan olahraga, jauh lebih baik. tapi apa daya, hanya keadaan ini satu-satunya yang membuat kumenyerah akan segala hal.

olahraga minimal 30 menit dalam sehari. ada ribuan tutorial di youtube. tinggal dipilih mana yang disuka. 2 kali seminggu wajib angkat beban (bukan beban hidup ya, tapi dumbbell). 1 hari dalam seminggu boleh lah istirahat leyeh-leyeh. you deserve it!

sekali-sekali, tingkatkan waktu olahraga ke 40 menit hingga 1 jam. sekali-sekali juga pilih exercise yang berbeda. buat exercise ini jadi kegiatan yang menyenangkan.

pakai baju olahraga yang bagus (gak harus mahal, tapi paling gak kita bisa lihat hasil dari olahraga, bisa buat bahagia loh). gara-gara ini, saya rajin banget beli baju olahraga. semacam rewards biar tambah giat olahraga. tanpa disadari,  pakaian yang kita beli ukurannya makin lama makin mengecil. yay!

gak usah sering-sering nimbang. bikin down. cukup lihat, apakah bagian tubuh mengecil atau membesar. itu aja jadi ukuran. mendingan sering-sering ngaca. rajin olahraga, muka makin berseri loh. 

apalagi saat habis olahraga dan lihat muka merah bercucuran keringat. saat begini gue sering kepikiran, sebenarnya kita bisa kok mau ngapain aja, tapi perlu usaha. gak ngarep sesuatu begitu aja turun dari langit. hadeh, pemikiran gue kok jd jauh ksana kmari yak.

apa yang gue share ini pengalaman gue sebagai seseorang yang gak suka olahraga tapi suka makan enak (kadang banyak, hahaha).

boleh aja gue ga suka olahraga, tapi bukan berarti gue gak bisa melakukannya toh??

maka itu, gue buat exercise ini jadi sesuatu yang menyenangkan. sekarang rasanya gak olahraga sehari, semacam berbuat dosa besar, kalau sampai skip karena satu dan lain hal, keesokan harinya tingkatkan waktu olahraga. 

gunakan ribuan video gratis di youtube. jangan tunda lagi. lakukan mulai sekarang. jangan sampai menyesal nantinya, di saat tubuh kita menjadi babak belur akibat kebiasaan buruk kita di masa lalu. 

boleh aja olahraga di kamar pakai ac. boleh aja olahraga di luaran mau lari atau sepedaan. apapun itu. bergeraklah. bergerak. bergerak. bergerak.

silakan olahraga di jam berapa aja. saya kadang olahraga jam 9 malam. 

move. move. move.

mungkin akan memakan waktu lama untuk berat badan bisa turun. tapi paling gak, you choose exercise as your lifestyle, not only as a tool to lose weight. 

masih ada 13 kg berat yang harus diturunkan. perhaps it will take 3 months or one year. i don't care. i will just keep doing exercises so that my body will always need it as part of life.  

siapa yang mau gabung dengan saya? share your thoughts here or send me email. 

Comments

Popular Posts