Bakso Saus Kacang dengan Bakso SO GOOD


Masih urusan ngemil.. masih pengen yang gampang juga. Apa ya?

Hasil belanja SO GOOD di minimarket, ternyata ada varian baksonya. Kemasan baksonya ini sudah ada bumbu secara terpisah juga loh…  kurang cihuy apa lagi? Jujur, kemana aja saya selama ini baru tahu ada SO GOOD bakso, hihihi… utamanya kemasannya yang kecil, sehingga saya gak perlu lama simpan di kulkas karena gak kunjung habis,

Iya sih, tukang bakso gampang ditemukan… tapi terkadang kita males keluar atau abang-abang yang biasa lewat malah gak muncul-muncul? Nah si bakso SO GOOD ini semacam penolong saat kita lagi demen mendem di rumah (seperti saya iniiii).

Tinggal masukkan bakso ke dalam panci dan juga bumbunya, kelar…. Tapi, kali ini saya pengen yang agak berbeda. Makan bakso dengan saus kacang. Ala-ala cilok gitu sih.

Seperti biasa dengan makanan frozen, keluarkan kemasan bakso untuk di thaw - mendapatkan suhu ruangan untuk beberapa saat sementara saya bersiap-siap ngerjain yang lain. Seperti, menyiapkan bumbu kacang. Anyway, dengan proses thaw ini, tanpa perlu terburu-buru memasukkan bakso ke dalam panci, baksonya juga jadi merata panasnya dengan lebih baik.

Pertama, selalu sediakan kacang yang sudah di goreng di rumah. Selalu! Lebih bagus lagi kalau sudah dihancurkan. Hari gini, gak perlu ngulek, tinggal pakai grain mill, sekejap, jadi deh kacang halus. Simpan kacang halus dalam lemari pendingin dan jangan sampai kena air. Karena kalau kena air, gampang rusak.

Saat ingin membuat saus kacang, ambil kacang halus sesuai keperluan, campur dengan cabai merah atau cabai rawit sesuai senangnya berapa pedas. Bisa digiling lagi dengan grain mill atau haluskan pakai ulekan.

Lalu masukkan campuran kacang, cabai dan air secukupnya ke dalam panci, rebus. Bisa ditambahkan garam, gula (gula jawa), cuka (jeruk nipis) sesuai selera. Tunggu hingga mengental. Sesuaikan rasa. Selesai deh.

Ups, lalu saya lupa, apa kabar dengan bakso yang sedang di thaw? Masukkan bakso dalam panci berserta air lalu rebus. Sebelum dimasukkan ke dalam air, buat tanda + di baso (menggunakan pisau) agar bakso terlihat cantik (ini serius loh!)

Saat proses merebus, bisa masukkan bumbu instan atau kalau merasa rasa baksonya sudah cukup tanpa perlu bumbu, ya gak apa-apa sih. Kalau saya merasa rasa baksonya sudah cukup enak tanpa perlu bumbu lagi.

Saat bakso sudah mengambang (baksonya harus tenggelam ya saat direbus), itu artinya bakso siap dimakan.

Bakso bisa dicampur dengan saus kacang. Makan dalam keadaan hangat. Minya-minya!

Ohiya, bisa ditambahkan juga bawang goreng, kecap dan saus sambal. Happy tummy!

Bakso sapi SO GOOD ini juga tersedia dalam beragam varian, selain original, ada bakso ikan, bakso ayam kuah keju,  bakso ayam original dan bakso goreng ayam ikan dan udang.

Kalau mau variasi, bakso yang sudah direbus juga bisa digoreng, baru kemudian dicampurkan dengan saus kacang.

Bakso dengan saus kacang ini dapat disajikan untuk mengisi perut di sore hari. Biasa kan kalau sore, kita tuh pasti pengen ngemil (kita? apa hanya saya aja ya? hehehe).

Secara saya sering upset dengan siomay yang kadang rasa ikannya terlalu berasa, baso sapi ini jauh lebih bikin saya senang. Selain itu, perut saya juga agak sensitive dengan kacang-kacangan. Dengan membuat saus kacang sendiri, perut juga lebih bersahabat, bebas dari masalah.

 






Comments

Popular Posts