Hidup Sehat - Makan Enak

Siapa sih yang enggak suka makan gorengan? Di keluarga kami, gorengan itu makanan wajib hampir setiap harinya, entah itu tempe, tahu, ayam, daging atau ikan goreng. Belum lagi makanan bersantan, hampir rata-rata sayur diolah menjadi gulai bersantan. Tapi semua ini sudah di stop lebih kurang 2-3 tahun lalu.

Saat Mama divonis mengalami kelainan jantung yang berlanjut dengan operasi pemasangan 'ring', sejak itu pula pola makan di rumah mengalami perubahan besar. Hampir setiap hari sayur asem tersedia dikarenakan makanan satu ini dimasak tanpa minyak.

Imbas dari gaya hidup yang berubah ini bukan hanya untuk Mama, tapi semua orang di dalam rumah. Bahkan kalau ada tamu datang, mereka mengikuti pola makan kami-tanpa pengecualian.

Dulu, minyak goreng yang dibeli adalah yang paling murah ada di pasar swalayan, kalaupun yang mahal, itu juga karena ada diskonan. Sekarang, minyak goreng yang dipilih adalah yang baik untuk kesehatan, gak peduli lagi dengan harganya.

Untuk tumis menumis memang kami lebih sering menggunakan minyak zaitun.Tapi untuk gorengan semacam ayam, mendoan, tahu, dsb yang perlu digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak, masih lebih enak pake minyak goreng kan?

Memang sih frekuensi kami menggoreng tidak sesering dulu. Minyak yang digunakan biasanya diulang hingga 2-3 kali tapi kalau sudah digunakan untuk menggoreng ayam atau ikan, minyak tidak akan digunakan lagi walaupun baru sekali penggunaan. 

Nah minyak goreng yang baik itu yang seperti apa sih? Kalau kata adik saya yang tenggorokannya super sensitif, ya minyak yang enggak bikin sakit tenggorokan. Nah kalau untuk Mama? Dikarenakan penyebab penyumbatan di jantungnya adalah kolesterol yang tinggi dan tidak pernah diobati sebelumnya, maka itu untuk minyak goreng kami mencari yang bebas kolesterol. Sebenarnya, masalah kolesterol ini bukan hanya dialami Mama, tapi juga saya yang sedikit diatas ambang batas. 

Ternyata dan ternyata minyak goreng Sunco ini bebas kolesterol dan mengandung omega3. Yoweslah, minyak satu ini cocok banget digunakan di rumah. Kenapa Sunco bisa sebagus ini? Karena kelapa sawit segar yang diolah telah melalui 3x pemurnian dan 2x penyaringan. 

Setelah menggunakan Sunco, kami bisa tetap makan yg enak-enak tanpa perlu kuatir. Tapi tetap lho, kesehatan harus dijaga. Menjaga kesehatan itu memang susah tapi sangatlah penting dan ini semua bisa dimulai dari rumah dengan memilih produk makanan yang digunakan. Jangan cuma asal murah tapi lihat juga kandungan, proses pembuatan dan efeknya bagi kesehatan. Kalau  info tidak tersedia di dalam kemasan, kita tinggal tanya 'google', beres deh urusan. Sebagai konsumen kita harus kritis dalam memilih dan membeli produk demi kepentingan penghuni rumah dan orang-orang sekitar kita, :)


"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan."

Comments

Popular Posts