Cinnamon Rolls – Mudah dan Cepat

Jumat tanggal 30/09/11 saya dan teman-teman kantor makan di luar-seberang kantor:carrefour lebak bulus. Di lantai dasar ada st cinnamon yang terkenal enak dan aroma semerbaknya. Secara sudah kenyang makan sushi maka sayapun menolak godaan cinnamon roll yang enak tersebut saat melewati gerainya.

Hari sabtu saya ditinggal sendiri di rumah karena kedua orang tua yang pergi kawinan. Ide untuk membuat ini itu pun terlintas, setelah membuat kue tape keju yang tertera di postingan sebelum ini, maka target berikutnya adalah cinnamon rolls. Google sana sini sampai akhirnya saya menemukan resep di allrecipes ini. Tapi oh tapi, saya tidak percaya dengan penggunaan all purpose flour. Loh? Koq bukannya tepung berprotein tinggi sih? Setelah memikir dan menimbang akhirnya saya putuskan untuk mencoba resep tersebut dengan ketentuan ½ resep aja deh just in case gagal gitu.

Saya sering menemukan resep kue yang enak dari allrecipes.com, selain itu kemudahan untuk mengkoversi takaran ke ukuran metric membuat saya merasa nyaman dengan web satu ini.

Timbang menimbang pun dimulai. Untuk menguleni tepung, saya menggunakan cara standar yang biasa saya gunakan saat membuat adonan roti. Tapi untuk resep ini, gak tahu resep yang salah atau saya sendiri. Dengan ½ resep tersebut, campuran susu+butter rasanya terlalu banyak, saya tidak menghabiskan semua campuran tsb. Walau tidak menggunakan semua, ternyata adonan terlalu lembek sehingga saya menambah tepung sedikit demi sedikit agak tercapai apa yg saya inginkan-paling tidak adonan tersebut tidak menempel lagi di tangan dan proses menguleni tidak sulit lagi.

Setelah selesai menguleni, saya diamkan adonan lalu saya membuat filling. Filling yang semestinya terdiri dari mentega+gula+kayu manis tersebut terpaksa saya rubah. Saya tidak lagi menggunakan gula karena takut nantinya terlalu manis dan saya campur susu sisa tersebut di atas (sayang untuk membuangnya pada saat mengadoni tepung). Kayu manis pun saya lebihkan agar rasanya lebih berasa.

Pada proses mengisi filling, filling yang agak cair ini ternyata agak merepotkan. Cairannya merembes kemana-kemana. Agak sedikit menyesal sih. Tapi ya sudahlah, masa mau diulang dari awal lagi?

Terutama saat memotong adonan, sungguh cairan ini merepotkan tapi saya tetap optimis.
Toh adonan tetap mengembang sebelum akhirnya saya masukkan ke dalam oven.

Senangnya melihat cinnamon rolls di dalam oven yang terlihat sangat menggoda. Rasanya sungguh tak sabar ingin mencoba. Saat waktu yang ditentukan selesai, tergoda saya mengambil satu potongan kecil dan melanjutkan pemanggangan sekitar 10 menit untuk potongan-potongan lainnya.



Yummmm rasanya unbelievable. Enakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk bangetttttttttt dan aroma kayu manis sungguh sangat membuat saya tidak bisa berhenti untuk memakannya. Dari sekitar 8 potong yang jadi saat itu (jika saya memotong lebih kecil sebelum dipanggang, tentunya hasilnya akan lebih banyak), 4 potong saya makan saat itu juga (maaf ya dietku). Potongan cinnamon rolls terasa sangat begitu lembutnya, bahkan saat saya makan keesokan harinya, konsistensi kelembutan rolls tersebut masih tetap sama.

Ah rasanya mau lagi dan lagi untuk membuat kue satu ini. Maaf ya st cinnamon, sepertinya saya harus mengucapkan goodbye ke gerai-gerai anda yang terdapat di Jakarta ini.


Comments

Popular Posts