Ya Hala Coffee - Juaranya Kopi Dari Bondowoso

 Apa yang terpikir saat mendengar nama Bondowoso?

Kalau aku kok teringat dengan kawah ijen yang hingga saat ini masih di wish list dan belum kesampaian. 

Nyatanya di Bondowoso ini juga ada produsen kopi yang rasa kopinya juara. Sebelumnya saya juga pernah menulis disini tentang kopi Ya Hala ini.



Kopi yang berasal dari Bondowoso ini, sudah diakui kalau kopinya enak dan terbukti dengan beberapa penghargaan yang diterima, antara lain:

  • Juara Pertama Festival Kopi Nusantara 2019 Bondowoso
  • Juara Harapan I UKM Berprestasi Millenialpreneurship Kategori Makanan dan Minuman Jawa Timur
Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri berkunjung ke Ya Hala kopi ini saat kunjungan ke Bondowoso di Bulan November 2020.

Kunjungan Gubernur Jawa Timur di Ya Hala Coffee



Ibu Khofifah melihat proses roasting Ya Hala Coffee


Semakin hari, varietas kopinya juga bertambah, dan sekarang ada varietas baru; Yellow Caturra dan Orange Bourbon.

Yellow Caturra Ijen Raung

Yellow Caturra yang termasuk langka ini, sekarang mulai dikembangkan oleh petani kopi di Bondowoso. Kebanyakan orang saat mendengar Yellow Caturra akan mengira kopi ini berasal dari wilayah Timur, nyatanya sekarang sudah ada Yellow Caturra Ijen.

Orange Bourbon


Begitupun dengan Orange Bourbon dengan karakter aroma buah nanas yang menonjol sudah mulai dikembangkan di wilayah ijen dan berhasil di roasting dengan baik oleh Ya Hala.  

Sekarang ini Ya Hala menyediakan kopi: Arabika Ijen Raung, Robusta Premium Ijen Raung, Robusta Ijen Raung, Rempah Susu, Kopi Jahe Rempah, Luwak Arabika Ijen Raung, Yellow Caturra dan Orange Bourbon dengan harga terjangkau.

Btw busway, untuk Yellow Caturra dan Orange Bourbon yang masih langka ini, kudu ceki-ceki langsung loh sama Mas penjualnya, jangan sampai keburu habis.

Untuk pemesanan, bisa langsung cek di IG ya.

Comments

Popular Posts